Thursday 8 November 2018

Forensik Flash Disk


KEAMANAN JARINGAN KOMPUTER
“FORENSIK PADA FLASHDISK”





Disusun oleh :
Henny Pratiwi (09011281520129)





SISTEM KOMPUTER
FASILKOM INDERALAYA
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
2018

Kasus :

Mengembalikan file yang telah diformat didalam sebuah flashdisk degan cara:
1.      Pertama ada 1 file VIDEO yang ada diflashdisk kemudian format/hapus viedo di flashdisk
2.      Lalu masukan 1 file VIDEO yang berbeda dari yang pertama kedalam flashdisk lalu format/hapus kembali
3.      Kemudian tantangannya adalah kembalikan file video yang pertama ?

Penyelesaian :
1.      Untuk mengembalikan file data yang telah diformat/dihapus ataupun yag telah dipindahkan dari sebuah flashdisk dapat kita kembalikan atau recovery data tersebut menggunakan tools berikut :
           
                                       
Gambar logo tools

Tools ini dapat didownload gratis di google dengan kapasitas recovery data yang terbatas jika ingin upgrade untuk mendapatkan pelayanan yang lebih anda bisa membayar dengan biaya yang telah ditentukan.
Tools ini dapat digunakan secara offline baik pada saat melihat file apa saja yang pernah disimpan didalam flashdish maupun pada saat mengrecovery datanya.


2.      Berikut adalah 1 file video pertama yang akan saya masukan kedalam flashdisk, kebetulan flashdisk yang saya gunakan adalah flashdisk V-GeN 8 Gb. Setelah saya masukan maka saya akan menghapus file video dari flashdisk


Gambar 1 file video pertama

3.      Lalu masukan 1 file video kembali yang berbeda dari file video yang pertama, lalu saya hapus kembali file video yang kedua ini.

Gambar 1 file video yang kedua

4.      Lalu buka tools EaseUS dan pilih V26(F:) dimana merupakan Flashdisk yang akan kita recovery 1 file video yang pertama dengan cara klik button Pindai :



5.      Lalu tunggu proses memindai seperti dibawah ini lalu cari kedalam format video
Maka akan seperti gambar dibawah ini :
6.      Lalu centang video yang maher zain dan kembalikan data, dengan cara berikut :

Gambar hasil memindai



Setelah dicentang kita klik button kembali maka kotak dialog akan tampil seperti gambar diatas lalu klik ok maka proses loading untuk mengembalikan data ketempat yang kita inginkan akan kembali.
Pada dialog diatas kita pilih tempat untuk recovery data kita kali ini saya akan kembalikan data saya kedalam flashdisk.





Setelah selesai mengrecovery data maka akan tampil kotak dialog seperti diatas lalu klik ok, selesai.


Gambar video yang berhasil recovery kedalam flashdisk

ANALISA :
Tools harus diupgrade jika ingin memindai/membaca setiap file data yang terhapus/terformat/dipindai tampa batasan ukuran file dan format file. Dan untuk mengamankan data anda anda sebaiknya menggunakan pencadangan file dengan software gratis yang banyak ditawarkan oleh beberapa flatform.
Tools ini juga mampu membaca ukuran,type, waktu dan tanggal file pada saat tersimpan didalam tempat penyimpanan anda.
Lalu tools ini tidak hanya bisa recovery penyimpana didalam flashdisk tetapi juga mampu recovery data dari seluruh disk penyimpanan yang terhubung.
Seperti : memory card, flashdisk, cd, hardisk ekternal or internal etc.
Cara mengupgrade tools bisa langsung membuka software ini dan hubungkan keneksi internet lalu klik button tingkatkan sekarang untuk mengupgrade anda akan dikenai biaya.

KESIMPULAN :
Dengan adanya software ini kita mampu melihat history data yang tersimpan,terhapus ataupun terformat dari sebuah disk penyimpanan dan mampu mengrecoverynya.

No comments:

Post a Comment